Jawaban UAS Strategi Kreatif Iklan Annisaa Adzanis MKV 101
SOAL UAS GENAP TA. 2019/2020
Mata
Kuliah : STRATEGI KREATIF
IKLAN
Program : MULTIMEDIA
KOMUNIKASI VISUAL
Semester : 2
Kelas : MKV
- 101
BentukUjian : PRAKTEK
WAKTU : 200
menit
SKS : 4 SKS
Nama
Dosen :
KUSMAYANTI,
S.E,M.M.
Tipe : A
SOAL
1. Buatlah
analisa SWOT untuk produk pendidikan POLITEKNIK LP3I JAKARTA.
Jawaban
:
Analisa
SWOT LP3I
-
Strenght (Kekuatan) : Kekuatan
dari iklan LP3I ini membuat citra pada produk pendidikan vokasi semakin
meningkatkan kualitasnya dan pada pembuatan iklan ini LP3I mengambil strategi
marketing yang baik untuk meyakinkan para mahasiswa tentang bagaimana system
pendidikan di LP3I ini sangat berkualitas dan menjamin dalam system penempatan
pekerjaan.
-
Weakness (Kelemahan) :
Kekurangan dalam iklan ini adalah masih belum memastikan penempatan kerja apa
yang akan di dapatkan dari system pendidikan kampus lp3i, dan target dalam
penempatan kerja ini masih belum efektif untuk meningkatkan mahasiswa baru
untuk memasuki pendidikan vokasi. Karena masih banyak yang belum tahu tentang
apa itu pendidikan vokasi.
-
Opportunity (Peluang) :
Peluang nya adalah strategi marketing dari sekolah yang memang memiliki satu
jurusan dengan program pendidikan LP3I
-
Threat (Ancaman) :
Ancaman untuk iklan ini adalah masih banyak di luar sana yang memiliki system
pendidikan yang sangat baik tetapi sudah dikenal oleh masyarakat luas. Dan
untuk system LP3I ini harus lebih meningkatkan citra pendidikan nya kepada
masyarakat luas.
2.
Berikan analisa pada
gambar iklan di bawah ini secara STRATEGI
KREATIF dan EKSEKUSI KREATIF
A
Jawaban :
Pada
iklan makanan ini memberikan sensasi kenikmatan cita rasa pada burger dan lebih
melihatkan ukuran burger yang jauh lebih besar dari yang biasanya dengan
menampilkan potongan daging ayam dan dalam iklan burger ini, kita bisa melihat
betapa tebal daging yang ada di balik roti burger. Betapa segarnya daun selada
dan slice keju yang ditaruh pada lapisan roti tersebut. Namun kenyataanya,
pembeli sering mendapatkan Burger dengan daging yang sangat tipis. Irisan tomat
dan daging yang sedikit , bahkan terkadang ada beberapa komposisi yang terlupa.
Eksekusi
iklan pada makanan ini sangat kreatif penempatan burger yang besar itu lebih di
munculkan dengan penempatan selisih harga yang jauh lebih murah dapat meningkatkan
minat masyarakat.
B
Jawaban :
Pada
analisis iklan pasta gigi ini sangat kreatif dengan memperlihatkan model
menggigit sepotong bagian billboard tersebut sehingga billboard tersebut pun
ikut terangkat. Membuktikan bahwa pasta gigi Formula ini memberikan pernyataan
gigi yang sangat kuat dan dengan kandungan yang terdapat pada pasta gigi ini
membuat masyarakat percaya dan memilih menggunakan pasta gigi Formula agar gigi
nya terlihat kuat dan sehat.
Eksekusi
kreatif iklan ini terbilang unik mereka menempatkan setengah billboard nya
kosong agar lebih terlihat nyata pada saat si model menarik bagian ujung
billboard tersebut. Dan ukuran billboard ini memang terlihat real oleh mata
masyarakat.
3. Buatlah
naskah iklan Radio, karena media audio adalah media yang memiliki kekuatan Imajinatif/Theater of mind maka naskah harus dilengkapi dengan elemen-elemen yang
ada pada iklan radio.
Ketentuan
produk.
·
Produk pendidikan
Politeknik LP3I Jakarta.
·
Durasi 30 detik
Naskah
iklan Radio
Ada
seorang anak remaja sedang duduk bersama teman nya di halte bus sambil melihat
buku dan menanyakan tentang dimanakah kampus yang akan ia pilih dan tiba-tiba
ada seorang mahasiswa lewat dengan pakaian rapih dan menyarankan untuk kuliah
di LP3I saja karena tepat dan ditempatkan dalam dunia pekerjaan, lalu remaja
tersebut mengikuti nya ke Kampus LP3I.
Eksekusi
radio
Sound
Efek : suara angin berhembus
MVO
1 : “kuliah dimana ya enaknya aku bingung nih”
FVO
1 : “iya nih aku juga bingung ri mau nya kuliah langsung kerja”
Sound
Efek :
-
suara kendaraan mobil
yang berhenti
-
derap langkah kaki
MVO
LP3I : “hai bingung ya memilih perkuliahan yang cepat kerja”
FVO
1 : “iyya nih bingung kaka memangnya tahu dimana kuliah yang cepat kerja”
MVO
LP3I : “Ayo ikut aku ke kampus LP3I”
Menampilkan
Backsound LP3I
MVO
1 : “iya nih kuliah di LP3I asik ya system pendidikan nya juga menjamin dalam
dunia kerja”
MVO
LP3I : “itu beda nya LP3I kuliah CEPAT & TEPAT Kerja”
Ditutup
dengan backsound dan Tagline LP3I
4. Buatlah
sebuah iklan untuk media cetak dengan melalukan perencanaan strategi yang baik
dalam perancangan media iklan.
Ketentuan :
·
Produk Minuman Kesehatan
·
Menggunakan Headline pertanyaan
·
Untuk kebutuhan media cetak poster dan media sosial instagram
·
Menggunakan elemen flash pada
iklan yang dibuat
·
Menggunakan software desain
apa saja yang anda kuasai
Iklan
media cetak
Iklan
media social
SELAMAT MENGERJAKAN.
Komentar
Posting Komentar