Jawaban UAS Strategi Kreatif Iklan Annisaa Adzanis MKV 101



SOAL UAS GENAP TA. 2019/2020
Mata Kuliah              : STRATEGI KREATIF IKLAN
Program                     : MULTIMEDIA KOMUNIKASI VISUAL
Semester                     : 2
Kelas                           : MKV - 101
BentukUjian              : PRAKTEK
WAKTU                    : 200 menit
SKS                            : 4 SKS
Nama Dosen              : KUSMAYANTI, S.E,M.M.
Tipe                            : A



SOAL

1.     Buatlah analisa SWOT untuk produk pendidikan POLITEKNIK LP3I JAKARTA.

Jawaban :
Analisa SWOT LP3I
-         Strenght (Kekuatan) : Kekuatan dari iklan LP3I ini membuat citra pada produk pendidikan vokasi semakin meningkatkan kualitasnya dan pada pembuatan iklan ini LP3I mengambil strategi marketing yang baik untuk meyakinkan para mahasiswa tentang bagaimana system pendidikan di LP3I ini sangat berkualitas dan menjamin dalam system penempatan pekerjaan.

-         Weakness (Kelemahan) : Kekurangan dalam iklan ini adalah masih belum memastikan penempatan kerja apa yang akan di dapatkan dari system pendidikan kampus lp3i, dan target dalam penempatan kerja ini masih belum efektif untuk meningkatkan mahasiswa baru untuk memasuki pendidikan vokasi. Karena masih banyak yang belum tahu tentang apa itu pendidikan vokasi.
  
-         Opportunity (Peluang) : Peluang nya adalah strategi marketing dari sekolah yang memang memiliki satu jurusan dengan program pendidikan LP3I

-         Threat (Ancaman) : Ancaman untuk iklan ini adalah masih banyak di luar sana yang memiliki system pendidikan yang sangat baik tetapi sudah dikenal oleh masyarakat luas. Dan untuk system LP3I ini harus lebih meningkatkan citra pendidikan nya kepada masyarakat luas.

2.     Berikan analisa pada gambar iklan di bawah ini secara STRATEGI KREATIF dan EKSEKUSI KREATIF


A
Jawaban :
Pada iklan makanan ini memberikan sensasi kenikmatan cita rasa pada burger dan lebih melihatkan ukuran burger yang jauh lebih besar dari yang biasanya dengan menampilkan potongan daging ayam dan dalam iklan burger ini, kita bisa melihat betapa tebal daging yang ada di balik roti burger. Betapa segarnya daun selada dan slice keju yang ditaruh pada lapisan roti tersebut. Namun kenyataanya, pembeli sering mendapatkan Burger dengan daging yang sangat tipis. Irisan tomat dan daging yang sedikit , bahkan terkadang ada beberapa komposisi yang terlupa.
Eksekusi iklan pada makanan ini sangat kreatif penempatan burger yang besar itu lebih di munculkan dengan penempatan selisih harga yang jauh lebih murah dapat meningkatkan minat masyarakat.


B
Jawaban :
Pada analisis iklan pasta gigi ini sangat kreatif dengan memperlihatkan model menggigit sepotong bagian billboard tersebut sehingga billboard tersebut pun ikut terangkat. Membuktikan bahwa pasta gigi Formula ini memberikan pernyataan gigi yang sangat kuat dan dengan kandungan yang terdapat pada pasta gigi ini membuat masyarakat percaya dan memilih menggunakan pasta gigi Formula agar gigi nya terlihat kuat dan sehat.
Eksekusi kreatif iklan ini terbilang unik mereka menempatkan setengah billboard nya kosong agar lebih terlihat nyata pada saat si model menarik bagian ujung billboard tersebut. Dan ukuran billboard ini memang terlihat real oleh mata masyarakat.


3.     Buatlah naskah iklan Radio, karena media audio adalah media yang memiliki kekuatan  Imajinatif/Theater of mind maka naskah harus dilengkapi dengan elemen-elemen yang ada  pada iklan radio.
Ketentuan produk.
·        Produk pendidikan Politeknik LP3I Jakarta.
·        Durasi 30 detik

Naskah iklan Radio
Ada seorang anak remaja sedang duduk bersama teman nya di halte bus sambil melihat buku dan menanyakan tentang dimanakah kampus yang akan ia pilih dan tiba-tiba ada seorang mahasiswa lewat dengan pakaian rapih dan menyarankan untuk kuliah di LP3I saja karena tepat dan ditempatkan dalam dunia pekerjaan, lalu remaja tersebut mengikuti nya ke Kampus LP3I.

Eksekusi radio
Sound Efek : suara angin berhembus
MVO 1 : “kuliah dimana ya enaknya aku bingung nih”
FVO 1 : “iya nih aku juga bingung ri mau nya kuliah langsung kerja”
Sound Efek :
-         suara kendaraan mobil yang berhenti
-         derap langkah kaki
MVO LP3I : “hai bingung ya memilih perkuliahan yang cepat kerja”
FVO 1 : “iyya nih bingung kaka memangnya tahu dimana kuliah yang cepat kerja”
MVO LP3I : “Ayo ikut aku ke kampus LP3I”
Menampilkan Backsound LP3I
MVO 1 : “iya nih kuliah di LP3I asik ya system pendidikan nya juga menjamin dalam dunia kerja”
MVO LP3I : “itu beda nya LP3I kuliah CEPAT & TEPAT Kerja”
Ditutup dengan backsound dan Tagline LP3I

4.   Buatlah sebuah iklan untuk media cetak dengan melalukan perencanaan strategi yang baik dalam perancangan media iklan.
Ketentuan :
·        Produk Minuman Kesehatan
·        Menggunakan Headline pertanyaan
·        Untuk kebutuhan media cetak poster dan media sosial instagram
·        Menggunakan elemen  flash pada iklan yang dibuat
·        Menggunakan software desain apa saja yang anda kuasai


Iklan media cetak





Iklan media social





SELAMAT MENGERJAKAN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANATOMI DAN ANALISIS SWOT IKLAN BENG- BENG

KODE ETIK JURNALISME ONLINE MENURUT PARA AHLI

The Story Life Of Annisaa Adzanis Salsabila